Skip to main content

berkat covid 19, sekarang orang tua menjadi multi talenta.

Keadaan spesial telah menemani kita semua seantero dunia, subhanallah. Sebelum kejadian ini hampir semua orang tua bergantung kepada lembaga pendidikan untuk urusan pendidikan anak anak mereka. pun tak sedikit orang tua yang berpunya maupun orang tua pekerja yang super sibuk akan memberikan pelajaran tambahan kepada putra dan putri mereka sebagai penunjang kelancaran kegiatan anak anak mereka di sekolah.


Namun sekarang, semuanya berubah 180 derajat. Bagi para bunda khususnya, awal datangnya wabah ini membuat stress berat, apalagi bagi para ibu pekerja. Banyak tugas yang biasanya berbagi peran, sekarang harus di handle dengan dua tangan saja, mulai pekerjaan rumah, pekerjaan work from home dan mendampingi anak anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dari sekolah.

Ketika anak anak semua di rumah maka pekerjaan rumah tangga menjadi lebih banyak, tak sedikit keluarga yang pengeluaran konsumsi mereka menjadi bengkak karena asupan anak anak menjadi lebih banyak dari biasanya, sedikit sedikit membuka kulkas, sedikit sedikit bertanya apakah ada makanan padahal baru saja peralatan masak di cuci pasca makanan di meja tandas oleh sang bocah, masyaAllah jadi suka makan ya, maka orang tua akan berkutat pada dapur, cucian dan meja makan, akhirnya tak sedikit orang tua yang bertambah, stress. Wow...

Belum lagi membantu urusan menyelesaikan tugas anak anak yang unik dengan moodnya. Bagi orang tua yang putra putri masih di jenjang PAUD mungkin tak begitu terasa, namun bagi bunda yang mempunyai anak lebih dari 2 dengan jenjang yang berbeda maka akan semakin rempong membantu tugas anak anak mereka, tak sedikit orang tua yang malah menyelesaikan Tugas.
Saya pribadi pernah di tegur oleh suami, biarkan anak yang mengerjakan tugas, biar ia mandiri, lebih baik tidak mengumpulkan tugas jika orang tuanya yang mengerjakan, tak perlu ngoyoh, motivasi saja untuk anak itu cukup tak perlu sampai memaksa, nanti jadi stress.

Belum lagi hawa rumah seakan sekolah libur padahal ruang belajar mereka yang berpindah dari sekolah ke rumah, dan posisi guru menjadi dua, guru sekolah dan orang tua sebagai guru pendamping. Guru pendamping ini lebih strong dan ngotot dalam mengingatkan anak akan tugas tugasnya yang setiap hari selalu berganti. Hehe...

Namun manusia harus mampu beradaptasi Donk, ketika diumumkan masa perpanjangan SFH maka tarik nafas untuk ketenangan, bahwa semua yang terjadi harus dihadapi dengan ikhlas, proses penyesuaian diri harus terjadi, mengubah paradigma  dan perencanaan tentu harus lebih matang dan yang tak kalah penting adalah pembagian tugas, bisa gempor emak jika semua dihandle dan dipikirkan sendiri. Sekali kali emak bolehlah me time u sekedar rehat, refresh diri pengusir stress.

 Rencana sudah dibuat, pembagian tugas sudah dilakukan namun tentu planing tak semulus realitas. Emak harus kembali kuat harus mampu menghadapi apapun tantangan yang dihadapi. Emak juga harus belajar teknologi karena semakin ke sini anak dihadapkan dengan ketemuan online, pembelajaran online dan pengumpulan tugas juga secara online... Jadi ingat lagi ya.. oniline..online... Hehe.

Nah ternyata ruang belajar online tak hanya terbatas untuk anak saja, orang tua juga semkain banyak pilihan belajar online sesuai minat silahkan dipilih, yang agak berat adalah pengorbanan kuota ya..hehe... Karena terbukti kuota bengkak ya guest hingga berkali kali lipat, biasanya 3 giga cukup maka di masa pandemi ini kuota 20 giga amblas sebelum tanggal berakhir. Alasan ya padahal sering dibuat anaknya lihat Mr YouTube hehe...

Karena online maka asupan anak terpapar hp juga semakin mengawatirkan emak juga harus pandai negosiasi dengan anak tetang penggunaan HP. Emak harus adil Donk... maka emak harus kreatif membuat jadwal anak dengan pilihan mainan lebih banyak dari biasanya agar minim penggunaan HP.

Maka mari nikmati apapun kejadian yang menimpa tetap disyukuri, karena saya juga sadar bahwa kejadian ini menimpa semua orang ya teman, bukan kita seorang.

Tak ada yang mengharapkan kejadian ini, yakinlah bahwa ini adalah takdir terbaik yang dihadirkan Allah. Kalau pernah dapat informasi tentang datangnya Dajjal di akhir zaman tentu akan lebih mengerikan ya. Tak boleh keluar rumah, tak ada teknologi apapun yang bisa berfungsi berbeda dengan kita saat ini semua ada di dalam rumah.. maka nikmati dan syukuri, inilah takdir terbaik kehidupan yang harus kita jalani. Tetap semangat dan bravo para emak emak strong.

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya. Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya. Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang. 1.       Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna. Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat w

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap. Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah   meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Min

APAPUN FORUM ANDA BISA MENJADI PENGHAPUS DOSA, MAU?

Ada banyak forum kebaikan yang bisa kita ikuti apalagi sekarang di zaman teknologi android maka semakin banyak forum yang bisa kita ikuti secara online. Tak perlu jauh-jauh bahkan ini yang seru, tanpa bayar. Hanya butuh koneksi internet cukup, cari saja wifi gratisan, hehe...   Kecanggihan teknologi membawa beragam manfaat namun jika tidak cerdas menggunakannya bisa jadi pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan dan membawa manfaat namun kala lalai menghadang bisa jadi terperosok dan terkena sabetan mata pisau satunya. Selain manfaat, dari kecanggihan teknologi timbul banyak keburukan. Salah satunya yang sudah terbukti efek negatifnya adalah banyak kasus perceraian timbul karena teknologi terutama medsos. Maka waspadalah. Lindungilah diri dan keluarga anda. Dimanapun forumnya akan bisa menjadi baik dan membawa kebaikan untuk orang yang berada didalamnya dan bisa berpahala ketika didalamnya diawali dengan kalimat Allah, membahas segala macam bentuk kebaikan dan ini yang pent