Skip to main content

Cara ampuh atasi anak rewel.

 Ada beragam tipe dan karakter anak. Orang tua harus mampu memahaminya dengan baik agar bisa memperlakukan anak dengan baik pula, sesuai dengan karakter anak, sesuai pula dengan apa yang sedang diharapkan dan yang lebih penting adalah sesuai dengan kebutuhan anak.


Hal terkahir ini saya kira yang sangat penting untuk dipahami oleh orang tuanya, terutama ibu. karena senyatanya kuantitas waktu ibu membersamai anak lebih banyak dari pada ayah, meski tanggungjawab terbesar akan anak ada di pundak ayah.


Karena ayah adalah pemimpin maka otomatis tanggungjawab keluarga termasuk anak lebih besar dipundak ayah. Oleh karena itu perlu sinergi yang cantik antara kedua orang tua. Apalagi jika kedua orang tua bekerja, maka perlu kolaborasi yang lebih apik lagi untuk kesuksesan anak.

Mengasuh anak antara ayah dan ibu harus selaras dan serasi, artinya ada persamaan perlakuan yang berarti kalau ayah bilang iya maka ibu juga mengiyakan, bukan sebaliknya.

Selain anak menjadi bingung juga ia akan pandai melobi. Misal jika meminta sesuatu pada ibu tidak bisa maka ia akan beralih pada sang ayah. Apalagi jika ia sedang rewel maka ia nyaman dan mencari pembelaan pada siapa yang paling longgar.

Oleh karena itu selain konsisten, orang tua juga harus mempunyai langkah efektif jika anak sedang rewel. Beberapa tips berikut bisa anda terapkan untuk mengatasi anak yang rewel.

1.      Jangan tersulut emosi. Jika tersulut emosi maka anda akan mudah melakukan tindakan kekerasan terhadap anak, seperti mencubit atau memukul. kebanyakan anak jika diperlakukan demikian maka bukannya anak tenang namun semakin menjadi-jadi rewelnya.

2.   Cari sebab kenapa ia rewel. kadang anak rewel tanpa sebab atau karena masalah yang sangat sepele, maka anda bisa mengajaknya bicara dari hati ke hati, kemukakakn sebab dan akibat, biasanya anak akan mulai tenang secara berangsur-angsur. 

      Jika karena sebab lain misal karena sakit maka tentu saja perlakukan anak rewel tentu akan berbeda sesuai dengan sebabnya

3.  Mulai tenangkan anak dengan menenangkan diri anda, misal menenangkan fikiran dengan banyak berdzikir. dzikir apapun yang penting kalimat kebaikan.


4.    Kalimat yang anda ucapkan harus konsisten. jangan awal bilang tidak namun lama-kelamaan karena anda merasa kasihan maka akhirnya anda mengiyakan. Siapapun yang dilobi anak harus konsisten ya...

5.    Samakan perlakuan anda dan pasangan atau siapapun yang di dekat anak dalam menghadapi anak rewel. Dengan demikian ia tidak mudah merajuk dan rewel.
Selamat mencoba...!

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya.


Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya.
Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang.
1.Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna.
Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat wajib dan sholat sunnah kita. A…

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap.


Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Minimal ada 8 jenis …

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41.
saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..!
Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan sarung  setinggi…