Skip to main content

Cara generasi 4.0 mencari cinta

 Dalam suatu forum yang dihadiri oleh remaja setingkat SMP sampai kuliah, terlihat sangat seru...Apa yang dibahas?, sehingga waktu terus berjalan dan tanpa terasa jarum jam menunjukkan pukul 21.00.


Sepertinya kalau tidak dihentikan paksa atas kesadaran diri, maka perbincangan itu takkan pernah berhenti walau ditambah berapa waktu kedepan. Karena gejolak jiwa muda mereka yang tak pernah berhenti untuk ingin tahu.

Beginilah kondisi anak muda sekarang, kalau zaman dulu, entah karena tabu atau banyak hal yang dipikirkan selain cinta maka pembahasan ini tidak begitu mencuat seperti di zaman medsos saat ini.

Picture by google
Ya...satu pembahasan yang selalu asyik untuk dibahas adalah tentang cinta. Terlalu banyak tokoh dan individu yang membahas tentang cinta. Kata orang betawi “mbahas cinta tak ada matinye....”, meski yang banyak membahsanya tidak selalu sukses dengan kisah cinta mereka.

Remaja selalu ingin tahu apapun. Jika ia tidak mendapatkannya maka ia akan terus berusaha sampai rasa penasarannya (kalau bahasa gaulnya “kepo”) terobati. Apalagi dizaman medsos seperti sekarang rasanya semakin ngeri jika mereka menemukan jalan yang salah.

Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua, baik ayah maupun ibu harus saling kerjasama, menyamakan visi dan misi dalam mendidik anak. Jangan sampai ada perbedaan atau bahkan malah terjadi perbedaan pandangan dalam mendidik para remajanya.

Saya memang belum mempunyai anak remaja, namun karena banyak berinteraksi dengan mereka, maka saya harus memahami dunia mereka. Banyak pertanyaan yang hadir tentang ketika ia suka lawan jenis.

Tak ada salah dan dosa ketika mereka menyukai lawan jenisnya, kalau saya boleh berpendapat ini sebuah tanda kewajaran dan alhamdulillah saya patut bersyukur bahwa mereka sangat normal.

Satu hal yang perlu dicermati adalah bagaimana agar gelora itu bisa diarahkan sehingga selamat dan tidak tersesat. Karena memang ada banyak bumbu (yang katanya syar’i) tentang pacaran islami.

Adakah pacaran islami itu?, saya berani jawab ada. (setelah proses ijab kabul pernikahan), hehe..

Selain persamaan dalam mendidik anak, orang tua juga harus dekat dengan anaknya. Ketika dekat maka anak akan mudah terbuka, keingintahuan apapun pasti ia akan terbuka kepada orang tuanya.

Bahasa lainnya orang tua harus menjadi rujukan pertama. Pasti senang ya para orang tua jika menjadi rujukan pertama oleh putra dan putrinya. Dengan demikian orang tua mampu mengarahkan anaknya menuju jenjang kesuksesan.

Wahai para orang tua, mari jadikan diri kita idola bagi anak anak kita. Tentu banyak halang rintang, namun yakinlah itu sebagai bumbu manis menuju masa depan yang manis.

1.      Perbanyak doa dan berbaik sangka kepada Allah.
2.      Bersyukur dan memperbanyak doa kebaikan.
3.      Tafakkur, tadabbur dan bersyukur atas beragam nikmat yang sudah Allah berikan.

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya.


Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya.
Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang.
1.Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna.
Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat wajib dan sholat sunnah kita. A…

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap.


Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Minimal ada 8 jenis …

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41.
saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..!
Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan sarung  setinggi…