Skip to main content

Fakta sebab tingginya angka perceraian di Indonesia

 Angka percerian dari tahun ke tahu semakin meningkat. Trend terbaru menurut data dari instansi terkait menyatakan bahwa yang menggugat cerai adalah dari para istri.

Ilustrasi keluarga samara

Maka sangat menarik fenomena ini untuk dicari apa penyebabnya. Beberapa penyebab adalah karena perkembangan teknologi terutama media sosial. Dari media sosial banyak CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali)

Salah satu penyebab lain yang ditemukan adalah karena faktor kemandirian wanita dalam hal ekonomi. Banyak wanita yang berdaya secara ekonomi karena faktor mempunyai pekerjaan/ penghasilan sendiri.

Apalagi jika pendapatan sang istri lebih besar maka biasanya sang istri akan mendominasi dalam kehidupan keluarga. Yang lebih mencengangkan adalah penemuan terbaru di salah satu daerah di jawa timur (menurut salah satu sumber) bahwa banyak guru yang sudah sertifikasi mengajukan gugatan cerai. Astaghfirullah.

Dengan mencuatnya fenomena ini saya menjadi tertarik untuk kilas balik pada zaman rosulullah, coba kita ambil salah satu tokoh di zaman nabi Muhammad, yaitu bunda kaum muslimin, khodijah binti khuwailid.

Dalam semua buku sejarah dari beragam sumber sepakat bahwa beliau adalah orang yang kaya raya, berlimpah harta. Selain wajahnya cantik rupawan ia juga terkenal dermawan dan pintar berdagang. Beliaulah yang terkenal dengan succes bisnis woman di zamannya.

Ketika bersanding dengan rosulullah, istimewanya beliau mendukung penuh dakwah suaminya, dukungan all out. Bahkan merelakan hartanya digunakan untuk aktivitas dakwah.

Khodijah ini pula istri rosulullah yang selalu dikenang selama nabi masih hidup yang bisa membuat aisyah yang cantik dan pintar itu cemburu. Marilah kita belajar dari seorang istri yang harta kekayaannya jauh melebihi dari sang suami sejak sebelum menikah namun bisa bersinergi luar biasa bersama nabi untuk kejayaan islam yang buahnya juga kita rasakan sampai sekarang. Apa penyebabnya:

1.      Sebelum menikah dengan nabi muhammad, banyak sudah para bangsawan dan hartawan mekkah yang melamar bunda khodijah, namun semuanya ditolak karena kriteria calon suami yag dicari adalah kebaikan budi pekertinya, bukan rupa apalagi harta.

Maka setelah menikah dengan pria yang kriterianya tepat, beliau siap 1000% mengabdikan diri dan berbakti kepada sang suami. Ibaratnya beliau meleburkan diri bersama suami dalam rumah tangga yang diberkahi tersebut.

2.      Khadijah mengikhlaskan semua hartanya untuk dakwah islam, bahkan ketika embargo ekonomi yang begitu tidak manusiawi diberlakukan untuk umat islam oleh kafir quraisy, beliaulah salah satu orang yang membantu kebutuhan kaum muslimin.

Bahkan sebelum wafat beliau pernah berpesan, “jika tulang belulangku nanti bermanfaat untuk dakwah islam maka pergunakanlah ia”. Subhanallah sedikitpun beliau tidak egois. Beliau rela hartanya dipakai tidak hanya untuk kelurga namun seluruh umat muslimin.

3.      Selain all out dana beliau juga all out supprot dukungan, bayangkan ketika nabi proses menerima wahyu di gua hiro, ketika nabi pulang dalam kondisi ketakutan, bunda khodijah bukannya malah ikut panik dan menyalahkan nabi, apalagi aktivitas tersebut tidak berbuah harta di dunia.

Namun sebaliknya, beliau dengan tenang menyelimuti dan membesarkan hati beliau dengan menyatakn jangan takut karena engkau adalah orang yang jujur, suka membantu tetangga dan yang membutuhkan, dll.

Beliau pula wanita pertama yang memeluk islam, dikala mayoritas masyarakat tidak mempercayai ajaran nabi, memang benar bahwa kebenaran itu bukanlah opini mayoritas, bunda khodijah mampu melihat hal tersebut dengan kejernihan nuraninya. Subhanallah.

Jika tidak mempunyai psikologis yang matang sebagai wanita, maka seperti kebanyakan wanita saat ini, mungkin saya juga, malah menyalahkan dan “ngembosi”.


Mampukah kita meneladani bunda khadijah yang mampu all out segala bentuk dukungan, segala sesuatu diberikannya kepada sang suami untuk dipergunakan dijalan Allah. Maka tak heran jika Allah sudah mengabarkan kepada kita semua bahwa jaminan untuk beliau adalah syurga.


Inilah harta kita sebenarnya di kehidupan abadi nanti, tidak ada harta yang dibawa mati, semuanya pasti akan ditinggalkan. Betul?.

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya.


Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya.
Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang.
1.Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna.
Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat wajib dan sholat sunnah kita. A…

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap.


Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Minimal ada 8 jenis …

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41.
saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..!
Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan sarung  setinggi…