Skip to main content

Keren....!!!, Ternyata konsep Neuro parenting sudah diterapkan oleh ibunda imam masjidil haram sejak dulu.

Ilmu parenting/ pengasuhan saat ini menjadi konsep yang menarik untuk dicari oleh para orang tua terutama ibu. Kesadaran akan ilmu parenting sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri. Ditambah lagi dengan kemudahan arus informasi melalui internet membuat sangat mudah untuk mendapatkan ilmu ini, apalagi dengan kondisi pandemi membuat kebutuhan akan ilmu parenting sangat bertumbuh pesat.


Bagaimana tidak, di masa pandemi ini orang tua dipaksa menjadi guru utama sekaligus guru pendamping untuk pelakasanaan pembelajaran di rumah dari sekolah formal yang diikuti oleh ananda. Tingkat stress yang tinggi akan tambahan tugas ini membuat orang tua tersadar bahwa kepahaman ilmu parenting harus terus diupgrade. Pilihannya tentu pencarian ilmu parenting pada internet atau sistem belajar parenting secara online.


Pemateri ilmu parenting juga beragam. Pilihan sangat banyak termasuk pilihan konsep ilmu parenting. Konsep ilmu parenting yang berkembang cukup pesat adalah konsep Neuroparenting. Apa itu Neuroparenting..?. Neuro parenting adalah metode pengasuhan anak berbasis otak. Ilmu ini dikenalkan oleh dokter Amir Zuhdi sekitar tahun 2008. Saya sendiri pernah mengikuti pelatihan yang beliau adakan. Pelatihannya pun berkelanjutan dan berbayar yang tak murah. Namun para orang tua yang mengikuti kelas beliau ini merasakan puas dan bisa diaplikasikan untuk keluarga dan bisa sharing juga dengan komunitas mereka atau diundang secara luas online dan offline oleh masyarakat luas, sehingga sampai sekarang bisa masif berkembang.


Uniknya meskipun konsep baru booming sekitar tahun 2000an namun ternyata ibunda imam besar masjid haram sudah menerapkan konsep ini. Kisah ini sudah sangat populer sebenarnya, sudah banyak di buku parenting atau oleh pembicara ilmu parenting. Dinyatakan bahwasanya saat sang ibunda menghidangkan makanan untuk persiapan tamu yang datang, sang anak menaburkan pasir ke makanan tersebut. Betapa emosinya  sang ibunda sampai sepontan berucap yang intinya engkau akan menjadi imam masjidil haram. Subhanallah ucapan ibunda ini terkabul nyata beberapa tahun kemudian. Sang anak menjadi imam besar Masjidil haram, beliaulah syekh  Abdurrahman Sudais. MasyaAllah


Oleh karen itu, wahai para orang tua, mari ucapkan yang baik saja untuk anak anda. Karena apapun yang diucapkan oleh orang tua akan direkam oleh otak anak dan akan mengendap di otak menjadi memory yang tak akan hilang selamanya. Perkataan terus mengendap di otak dan mempengaruhi kerja sistem syaraf otak.


Oleh karena itu, belajar ilmu Neuro parenting ini bermanfaat untuk orang tua sekaligus ananda. Ketika orang tua paham ilmu ini maka ucapan dan sikapnya akan terjaga. Sehingga kata kata yang biasanya spontan terucap adalah kebaikan begitupun pengasuhan ke anaknya juga akan baik insyaAllah. Ilmu ini akan optimal jika dipadu padan dengan hubungan baik pelakunya dengan Tuhannya, insyaAllah menjadi anak Sholeh dan Sholehah. Amiin...

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya.


Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya.
Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang.
1.Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna.
Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat wajib dan sholat sunnah kita. A…

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap.


Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Minimal ada 8 jenis …

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41.
saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..!
Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan sarung  setinggi…