Skip to main content

Tips emak selalu bahagia di masa online pandemi.

Masa pandemi semua keadaan berubah 180 derajat, betul?. SemuaSSemua kalanganhkalangan terimbas oleh situasi ini. Tak terelakkan jug bagi para orang tua terutama ibu akan sangat terimbas. Bagi yang punya anak usia sekolaj selain membengkaknya kebutuhan paket data..hehe..adalah proses mendampingi ananda untuk belajar di rumah melalui media online. Jika anak baru 1 rasanya masih ringan ya. Nah... Kalau anak lebih dari satu itu yang wow rasanya, apalagi jika beda jenjang, ditambah lagi anaknya masih jenjang PAUD atau sekolah dasar jenjang bawah (pasti butuh pendampingan) dan waktu onlinenya bersamaan maka perlu perjuangan dan dana ya, perlu kuota lebih atau perangkat gawai lebih dari satu. Ditambah lagi jika ibu bekerja... Haduh haduh... Belum online sudah stress duluan akhirnya darting singkatan dari darah tinggi.... wkwk..


Sementara, jika ibunda sudah stress bisa kacau, anaknya pasti ikutan stress pula diasuh oleh ibu yang sedang baper... Nah.. sementara sang ibu itu harus bahagia ya agar energi kebahagiaan saja yang akan ditularkan ke anaknya. Oleh karena itu, saya sedikit share hasil dari belajar online Bu andam, salah satu pemateri parenting di sekolah anak saya, agar para pembaca juga bisa ketularan bahagia. Amiin...


1. Bahagiakan diri. Apapun kondisinya buat diri anda bahagia ya bunda. Lakukan hal yang membuat anda bahagia, meski hanya sesuatu yang sepele, namun jika bisa membuat diri bahagia. Ah..itu.. sesuatu yang utama. Kenapa bunda harus bahagia, agar bisa mengalirkan energi bahagia kepada anggota keluarga yang lain Donk. Emak stress bisa bisa anaknya dimarahi terus sebagai bentuk pelampiasan stress bunda nya, jadi ngeri kan... Makanya buat dirinmu bahagia ya bunda... Sebahagia mungkin....


2. Atur jadwal. Ajak anak buat jadwal harian. Langkah awal buatlah kesepakatan bersama ananda sekaligus diberikan arahan sebagai gambaran harus bangun jam berapa, apa saja tugas anak di rumah sebagai anggota keluarga, sebagai pribadi dan sebagai siswa. Tetap Berikan pilihan/ ruang untuk berpendapat ya. Agar sukses biasanya perlu ada teladan utamanya dari orang tua utamanya ibunda.


3. Adakan rapat rutin keluarga bersama seluruh anggota keluarga. Kegiatan ini bisa menjadi latihan mereka untuk bisa berpendapat di forum masyarakat yang lebih luas. Dalam agenda uji, Buat program keluarga. Misal program untuk mengisi waktu di masa pandemi yang hampir semua waktunya dihabiskan di rumah, dengan adanya program bisa membuat seisi rumah tidak jenuh karena kejenuhan menjadi sebab pemicu stress.

Kegiatan ini bisa dilakukan outdoor ya, meeting outdoor istilah kerennya. Namun tetap lakukan protokol kesehata. Ya...


4. Konsisten atas jadwal yang sudah dibuat sekaligus evaluasi rutin dari program keluarga yang sudah dibuat bersama dengan beragam Targetan yang ingin dicapai. Konsisten ini butuh perjuangan ya kawan... Semangat ya kawan...


5. Kelola beragam informasi dengan baik terutama informasi tentang covid. Saring berita, abaikan berita yang tidak menyenangkan dan menjadi pembaca cerdas dengan menghindari hoak. Jika berita yang beredar mempengaruhi psikologis anda maka ada baiknya tak usah mengakses berita tersebut. Tutup mata dan telinga, biarkan berita yang baik saja yang masuk ke otak dan hati anda.


6. Turunkan standar capaian. Nah... Ini penting untuk kesehatan psikologis seluruh anggota keluarga. Dikarenakan kondisi yang tak normal maka sangat wajar bagi anda untuk turunkan standar pencapaian, bukan karena putus asa karena kondisi yang tak biasa. Semua orang kena imbas dari kondisi anda. Maka untuk kewarasan bersama penurunan standar yang ingin dicapai dalam beberapa Targetan adalah sebuah hal keniscayaan. Ok.. santai namun tetap harus bergerak semampunya ya kakak....


7. Kurangi marah. Kelola marah dengan manajemen rosul. Jika saat marah sedang berdiri maka segera duduk. Namun jika duduk marah belum reda juga maka berbaringlah. Jika belum bisa reda juga maka berwudhulaj, jika belum reda juga maka sholatlah, jika belum reda juga dan masih membara maka lanjut dengan dzikir sebanyak banyaknya dzikir, agar hati tenang dan selalu ingat Allah subhanahu wa ta'ala.


8. Terakhir sebagai pamungkas, Stok sabar ibunda harus unlimited. Karena sabar itu tak berbatas. Jika masih mengatakan kesabaran ada batasnya maka itu artinya belum sabar... Kuncinya... Sabar dan yakin bisa... Go go go....!!!

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya.


Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya.
Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang.
1.Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna.
Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat wajib dan sholat sunnah kita. A…

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap.


Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Minimal ada 8 jenis …

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41.
saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..!
Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan sarung  setinggi…