Skip to main content

Tips Keluarga bahagia meraih kemenangan cinta.

Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan untuk kembali belajar tentang ilmu rumah tangga, dibimbing oleh bapak Cahyadi takariawan, pakar parenting nasional.


Rumah tangga adalah sebuah pintu gerbang dalam proses pembelajaran setiap hari. Pernikahan adalah sebuah pintu gerbang dalam menjalani proses ibadah terlama/ bertahun -tahun sampai maut menjemput. Oleh karena itu, agar bisa menikmati kehidupan dalam berumahtangga yang usianya tidaklah sebentar dan bisa merayakan kemenangan cinta didalamnya mari kita belajar 3 hal yang bisa membuat bahagia berumahtangga.


1. Ekspektasi. Sebelum menjalani kehidupan rumah tangga dua insan yang akan bersatu menjalani kehidupan dalam ikatan suci pernikahan pasti mempunyai ekspektasi/ harapan terhadap pasangan. Ekspektasi ini biasanya sangat idealis. Ekspektasi ini tak hanya terhadap kriteria pasangan namun ekpektasi terhadap mimpi pribadi yang selama ini sudah direncanakan/ diangankan untuk terwujud.



Beragam ekspektasi tersebut sebaiknya bisa dikomunikasikan dengan baik kepada pasangan. Tujuannya adalah agar bisa menyatukan ekspektasi masing - masing.


Idealnya ekspektasi tersebut bisa terwujud. Namun kemungkinan ekspektasi tak terwujud mempunyai kemungkinan juga. Oleh karena itu, agar kehidupan berumah tangga bisa seirama antara suami istri maka ekpektasi tersebut harus disatukan antara suami dan istri. Bagaimana jika ekspektasi tersebut tak bisa terwujud meski sudah melalui tahapan komunikasi..?, Jika tidak bisa terwujud maka ada ruang yang dihadirkan yaitu ruang adaptasi.


2. Adaptasi. Adaptasi adalah penyesuaian diri  penyesuaian diri terhadap individu pasangan, keluarga pasangan juga terhadap ekspektasi mimpi yang dibawah sejak sebelum menikah dan ingin terwujud. Proses adaptasi ini akan berhasil jika kedua belah pihak berusaha untuk menerima pengaruh pasangan. Kenapa demikian?.


Karena dalam pernikahan dua pribadi menjadi satu agar kompak dalam mencapai tujuan. Sesuaikan diri dengan status dalam keluarga. Dua pribadi yang berbeda dengan karakter, latar belakang, hobby dan beragam perbedaan lainnya.


Yang harus dipahami, Setiap orang tidak bisa beradaptasi persis dengan harapan pasangannya, tidak bisa terpenuhi 100%, tetap ada jarak antara harapan pasangan dengan realitas karena beragam faktor. Termasuk kita sendiri tidak akan bisa memenuhi harapan pasangan kita 100%, betul?. Oleh karena itu perlu ruang kompromi.


3. Kompromi. Biasanya diawal kehidupan keluarga dibentuk, kompromi itu bisa jadi sesuatu yang menyakitkan jika tidak dilandasi oleh kepahaman dan kerelaan yang tinggi. Apalagi jika ekspektasi diri sebelum menikah jauh dari harapan. Pangkas ego masing - masing agar Ekspektasi bisa selaras dan melebur. Maafkan ekspektasi yang belum bisa terwujud. Pahami ruangan kebahagiaan dan kepuasan dalam pernikahan. Kompromi adalah ruang berkorban. Karena ada mimpi yang terkubur untuk bisa Merayakan kemenangan cinta dalam keluarga menuju visi yang sudah ditetapkan bersama... Tetap semangat...!!!.

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya.


Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya.
Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang.
1.Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna.
Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat wajib dan sholat sunnah kita. A…

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap.


Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Minimal ada 8 jenis …

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41.
saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..!
Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan sarung  setinggi…