Skip to main content

6 hikmah Allah perintahkan pernikahan. (Pendidikan anak dalam islam hal.479)

Menikah adalah salah satu ajaran dalam islam. Hampir semua nabi dalam kisahnya pasti ada kisahnya bersama keluarga. Menikah tidak hanya berkaitan dengan individu namun juga berkaitan dengan urusan sosial, ada maslahat sosial didalamnya.

Menikah bukan hanya urusan dua individu yang hendak melangsungkan pernikahan namun ini adalah menjadi tanggung jawab orang tuanya. Orang tua juga Harus membantu secara aktif untuk memudahkan anak anaknya menuju jenjang pernikahan.

Pernikahan adalah separuh agama. Ada beragam maslahat didalamnya termasuk allah menjanjikan pahala yang berlipat. "Satu dinar yang engkau belanjakan di jalan Allah dibandingkan dengan ) Satu dinar yang engkau bbelanjakan untuk memerdekakan seorang hamba saja ya, satu dinar yang mendekatkan kepada seorang miskin dan satutidak dinar yang engkau belanjakan untuk keluargamu, maka pahalanya lebih besar yang engkau belanjakan untuk keluargamu.



Setiap perintah tentu ada manfaat didalamnya.apa saja manfaat dari pernikahan. Beberapa hal berikut adalah hikmah dari perintah menikah.

1. Menjaga garis keturunan. Allah menjadikan istri atau pasangan kita dari jenis kita sendiri, manusia. Dari pintu ini garis keturunan ini akan terjaga. Jika tidak melewati pintu ini maka hukumnya haram. Dari pasangan kita inilah akan lahir anak dan cucu cucu..

2. Selamatnya masyarakat dari penyimpangan moral. Disebutkan dalam sebay sabda nabi, " barang siapa diantara kalian mampu menikah maka menikahkan. Karena ia lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan.". Tidak ada jalan lain ya selain dari pernikahan. Semoga Allah melindungi keluarga dan seluruh umat muslim dari penyimpangan moral, Amiin.

3. Kerjasama suami istri dalam menjalankan tanggung jawab keluarga. Semua anggota keluarga mempunyai tanggung jawab masing masing. Dalam menjalankan tanggung jawab ini dibutuhkan sinergi. Agar bisa berjalan beriringan. Dari tanggung jawab masing masing ini, kelak Allah akan meminta pertanggungjawaban. Apa tanggung jawabnya?. "Laki laki bertanggung jawab mengenai keluarganya dan ia akan ditanyai tentang tanggung jawabnya itu. Perempuan bertanggung jawab mengenai rumah suaminya dan ia akan ditanyai tentang tanggung jawabnya itu."

4. Selamat ya masyarakat dari penyakit fisik dan gangguan jiwa. Di zaman yang semakin canggih ini sudah banyak terjadi ya berbagai penyakit aneh dikarenakan dari hubungan seks bebas ataupun hubungan sejenis, ngeri jika mengetahui penyakit yang ditimbulkannya baik penyakit fisik maupun penyakit jiwa. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah. Amiin

5. Mendatangkan ketentraman jiwa. Dalam pernikahan ada ketentraman jiwa itulah janji Allah. Dialah yang maha menepati janji. " dan diantara tanda tanda kekuasanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri istri dari jenis sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. Dan dijadikannya diantarkan rasa kasih sayang...surat arum ayat 21).

6. Menghasilkan keturunan generasi islam yang sholeh.

Menjadikan generasi islam yang sholeh tentu butuh perjuangan. Butuh sinergi yang kuat antara ayah ibu keluarga besar dan masyarakat sekitarnya. Harus ada persiapan yang kuat untuk menuju pembentukan keluarga ini. Karena menjadikan anak sholeh tentu butuh modal. Tidak hanya modal materi namun juga modal kualitas dari kedua orang tuanya.

Mau menjadikan anak sholeh maka orang tuanya harus terus berusaha menjadi    orang sholeh. Karena salah satau pendidikan yang efektif adalah dari keteladanan. Semoga anak anak kita kelak menjadi generasi yang beriman tangguh membentuk peradaban islam kembali jaya.

Mari kita berdoa seperti doa dalam surat al furqon ayat 74, (akrabnya bisa anda cari ya di alamat tersebut). Ya Tuhan kami, anugrahkanlah istri istri kamu dan keturunan kami sebagai penyerang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertakwa.

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya. Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya. Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang. 1.       Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna. Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat w

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap. Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah   meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Min

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41. saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..! Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan