Skip to main content

Pengertian anak yang sering dilupakan, waspadalah...

Pandemi belum menunjukkan tand berakhir namun semangat harus terus berkobar untuk bermetamorfosis dan berkarya. Berubah untuk terus berusaha menjadi orang baik dan tentu saja bermanfaat untuk lingkungan, sekecil apapun itu lingkungannya ataupun minimal untuk dirimu sendiri, jangan tunggu untuk lingkungan yang besar. Karena elemen masyarakat batu batanya adalah personal masing masing individu.

Dilain sisi, berkarya tak harus bentuk tulisan, tak harus bentuk buku atau puisi. Namun karya bisa dalam banyak hal. Apapun yang engkau bisa lakukanlah, lakukan dengan penuh cinta, insyaAllah diri ini bisa bermanfaat untuk lingkungan.

Salah satu lingkungan yang menunggu karyamu sebagai orang tua adalah tentu saja anak. Anak bisa mempunyai dua pengertian yaitu anak biologis dan anak ideologis. Tentu anda semua sudah paham pengertian nya tentang anak biologis dan anak ideologis ini ya...


Uniknya, semua orang bisa mempunyai dua anak ini meskipun profesinya bukan pendidik di lembaga formal. Kenapa demikian...?

Karena anak ideologis bisa didapatkan misal dari teman anak anda atau anak tetangga anda, yang juga butuh kasih sayang, betul..?

Anak adalah bentukan dua hal yaitu genetik dan pola asuh.. Genetik memang sudah tidak bisa dipungkiri tak bisa diubah karena hal tersebut adalah pemberian, namun ternyata Tuhan masih memberikan ruang untuk terus berbenah kepada para orang tua yaitu pola asuh.

Pola asuh yang utama memang adalah tempat dimana anak tersebut tinggal, yaitu keluarga inti atau keluarga besar, selain lingkungan rumah dan sekolah.

Saya yakin setiap orang tua menginginkan pola asuh terbaik kepada anak-anaknya, namun beberapa kendala yang muncul adalah terbatasnya ilmu pengasuhan dan luka pengasuhan dari orang tuanya. 

Ternyata, sadar tak sadar, tak sedikit orang tua yang membawa pola asuhnya dimasa kecil dalam melakukan pengasuhan kepada putra-putrinya. Bagi yang masa kecilnya mempunyai pola asuh yang baik maka akan baik saja, namun bagi yang mempunyai pola asuh yang tidak mendukung atau pernah punya luka pengasuhan dimasa kecil, hal ini yang menjadi masalah. Namun sekali lagi Tuhan masih memberikan waktu untuk terus belajar memperbaiki diri maka anda tak perlu berkecil hati. Masih ada waktu dan banyak kesempatan untuk memperbaiki diri.

Mulailah bertekad dan berjanji untuk terus memperbaiki pola pengasuhan anda sebagai orang tua. Mari bersama sama berbenah, mari bersama sama memperbaiki pola pengasuhan dengan membasuh luka luka tersebut dengan berdamai dan memaafkan kondisi yang pernah melukai. Tentu langkahnya panjang dan melelahkan namun berbekal keyakinan, tekad dan asa yang terus diasah, saya yakin pengasuhan ibu ibu Indonesia akan bisa membentuk generasi generasi terbaik untuk masa depan orang tua dan bangsa. Semangat...!11

Comments

Popular posts from this blog

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya. Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya. Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang. 1.       Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna. Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat w

ISTIGHFAR INILAH YANG DIBACA ROSULULLAH SEBANYAK 100 KALI.

Rosulullah meski beliau ditakdirkan menjadi orang yang maksum yang berarti terpelihara dari kesalahan, namun beliau terus bersyukur setiap hari dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pemilik bumi dan langit serta seisinya tiada rasa bangga sedikitpun hinggap. Dari bunda aisyah mengabarkan bahwa setiap malam nabi selalu sholat tahajud sampai-sampai kaki beliau bengkak. Namun hal tersebut tidak menjadikannya surut untuk mengerjakan sholat malam. Itulah salah satu bentuk rasa syukur beliau yang menyadari bahwa nikmat Allah sangat luas dan banyak yang tak berbanding dengan ibadah yang sudah kita lakukan. Namun yang pasti manusialah tempat lalai. Oleh karena itu nabi mengajarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Allah   meminta ampun, salah satunya dengan merutinkan membaca kalimat istighfar. Ada beragam kalimat istighfar yang pernah diajarkan nabi, anda bisa memilih yang mana saja yang beliau ajarkan. Kita bisa mencari kalimat istighafar di alquran dan hadist nabi. Min

APAPUN FORUM ANDA BISA MENJADI PENGHAPUS DOSA, MAU?

Ada banyak forum kebaikan yang bisa kita ikuti apalagi sekarang di zaman teknologi android maka semakin banyak forum yang bisa kita ikuti secara online. Tak perlu jauh-jauh bahkan ini yang seru, tanpa bayar. Hanya butuh koneksi internet cukup, cari saja wifi gratisan, hehe...   Kecanggihan teknologi membawa beragam manfaat namun jika tidak cerdas menggunakannya bisa jadi pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan dan membawa manfaat namun kala lalai menghadang bisa jadi terperosok dan terkena sabetan mata pisau satunya. Selain manfaat, dari kecanggihan teknologi timbul banyak keburukan. Salah satunya yang sudah terbukti efek negatifnya adalah banyak kasus perceraian timbul karena teknologi terutama medsos. Maka waspadalah. Lindungilah diri dan keluarga anda. Dimanapun forumnya akan bisa menjadi baik dan membawa kebaikan untuk orang yang berada didalamnya dan bisa berpahala ketika didalamnya diawali dengan kalimat Allah, membahas segala macam bentuk kebaikan dan ini yang pent