Skip to main content

PERLUNYA KERJASAMA DALAM KEBAIKAN.

        Kebaikan adalah modal untuk bekalan dalam menghadapi kehidupan manusia saat ini (di Dunia) sampai kehidupan selanjutnya. Kehidupan selanjutnya masih mempunyai beberapa tahapan sebelum kehidupan yang abadi yaitu syurga Allah, insyaAllah. Mulai dari alam barzah/ alam kubur à Kiamat à Hari kebangkitan à Padang mahsyar à Syafaat à Hisab à Penyerahan catatan amal à mizan à Telaga à Shirat à Syurga/ Neraka.

        Kebaikan hanya bisa dilakukan di alam dunia saja, karena dunia adalah tempat melakukan amal. Untuk bisa beramal, manusia diberikan oleh Allah berupa sarana dan prasarana super lengkap. Apa saja sarana prasarana tersebut?. Allah memberikan dunia beserta isinya, manusia tinggal mengolah dan merawat, bahan baku sudah lengkap diberikan.

       Untuk bisa mengolah bahan baku tersebut Allah memberikan akal fikiran. Dengan modal akal fikiran tersebut Allah menjadikan manusia sebagai pemimpin, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungannya. Amanah pemimpin ini adalah Amanah yang istimewa karena tidak satupun makhluk lain yang dipercaya, sekalipun malaikat.

        Untuk bisa memimpin, Allah berikan bekalan ilmu dalam segala bidang kehidupan, tak terkecuali. Sumber utama ilmu adalah alquran. Ilmu pengetahuan sudah banyak membuktikan kebenaran dari isi alquran. Sebut saja sebagai contoh, ilmu tentang bagaimana proses terbentuknya manusia, sumber utamanya ada dalam alquran. Banyak fungsi dari alqur’an, selain sebagai sumber ilmu, alquran juga sebagai lentera hidup, sebagai obat dan lain sebagainya.

        Salah satu ilmu yang diajarkan dalam alquran untuk kita bisa mengatur kehidupan ini agar bisa sukses dalam menjalani kehidupan dan berbuah kebaikan ada dalam surat al ashr ayat 1-3. Dalam Surat ini, Allah SWT bersumpah dengan waktu, manusia semua akan berada dalam kerugian kecuali bagi (1) orang yang beriman, (2) orang yang mengisi waktunya dengan mengerjakan kebaikan, dan (3) orang yang menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. Coba kita cermati perlahan-lahan agar kita bisa memetik ilmu darinya.

1.      Urgensi waktu dalam kehidupan.

Waktu adalah modal utama dalam kehidupan. Semua orang diberikan modal yang sama dalam sehari semalam, betul?. Semuanya mendapat jatah 24 jam utuh, tak dikurangi maupun ditambah. Allah telah memberikannya dengan adil.

Disisi lain, Waktu diibaratkan dengan pedang, pedang yang bermata ganda. Siapa yang bisa menggunakannya maka ia akan sukses, namun jika lalai/ tidak mampu menggunakannya maka ia akan tertebas oleh waktu tersebut, bukan ia yang mengendalikan waktu namun orang tersebut dikendalikan oleh waktu, mau?.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Menurut ustad Adi Hidayat, salah satu hikmah kita diberikan kewajiban sholat shubuh adalah kita bangun pagi, agar bisa bersiap diri untuk menghadapi hari kita sehari tersebut.

Nah, Langkah awalnya adalah Allah mengundang manusia dengan sholat subuh, tujuannya untuk menghadap Tuhan penguasa alam, kita sampaikan apa rencana kita untuk mengisi hari kita.  Mintalah ridho dan petunjuk atas rencana-rencana apa saja yang akan kita lakukan. Dengan demikian, maka hari kita akan selalu dalam lindunagnNya dan pasti tidak akan merugi, insyaAllah.

2.      Anjuran mengisi waktu dengan kebaikan.

Hidup tidak boleh dihadapi dengan pasrah tanpa usaha, mengalir bagai air tanpa perencanaan matang. Meski takdir sudah tertulis, namun manusia tidak bisa membaca takdirnya. Oleh karena itu, versi kaca mata manusia, ada porsi ikhtiar dirangkai doa dalam beramal. Garis batas manusia dalam beramal yaitu ikhlash serta tidak melanggar aturan dalam alquran dan hadist, titik. Selanjutnya disinilah kita boleh pasrah dan terus berdzikir.

Semua amal yang diikhtiarkan tak luput dari jalur kebaikan, sekecil apapun kebaikan itu lakukanlah…!. Kenapa demikian?, karena manusia tidak tahu dari kebaikan mana akan turun rahmat untuknya. Sebut saja kisah orang masuk syurga hanya gara-gara ia menyingkirkan duri di jalan atau kisah seorang pelacur yang masuk syurga karena memberi minum anjing. Rasa-rasanya sepele namun Allah ridho maka turunlah rahmat itu untuknya, masyaAllah. Maka saya mengajak untuk diri saya sendiri dan anda sekalian, mari isi waktu kita dengan kebaikan semampu yang bisa dilakukan. Selanjutnya mari optimis Allah akan menerima kebaikan tersebut, insya Allah.

3.      Budaya saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Manusia adalah makhluk sosial. Hal ini berarti manusia butuh komunitas untuk hidup, ia tidak bisa hidup sendiri. Lingkungan sekitar dimana ia berada tentu sangat mempengaruhi seseorang.

Sebut saja kisah seorang pandai besi dan penjual minyak wangi. Siapa yang berteman dengan penjual minyak wangi pasti akan tertular bau harumnya, begitu juga siapa yang dekat dengan pandai besi, tentu bau asap akan menyelimuti badannya atau bahkan bisa jadi cipratan bara api akan membuat pakaiannya berlubang-lubang.

MasyaAllah, begitu juga sikap saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran perlu dibudayakan di masyarakat, baik online maupun offline, nasehat itu bukan hanya ceramah seorang mubaligh. Menasehati bisa dilakukan semua orang dengan beragam bentuknya mulai dari lisan, tulisan sampai tauladan. Nasehat sekecil apapun itu pasti akan bermanfaat, insyaAllah.

Zaman online atau zaman medsos sudah merambah ke semua kalangan tak terbatas ruang dan waktu. Maka budaya saling menasehati tentu akan bertambah luas, arena kebaikan bertambah luas pula. Mari lakukan kebaikan sekecil apapun, ambil peran semampumu, insyaAllah akan bermanfaat. Mari kita bekerjasama dalam kebaikan. WaAllahu a’lam bisshowab.

Comments

Popular posts from this blog

APAPUN FORUM ANDA BISA MENJADI PENGHAPUS DOSA, MAU?

Ada banyak forum kebaikan yang bisa kita ikuti apalagi sekarang di zaman teknologi android maka semakin banyak forum yang bisa kita ikuti secara online. Tak perlu jauh-jauh bahkan ini yang seru, tanpa bayar. Hanya butuh koneksi internet cukup, cari saja wifi gratisan, hehe...   Kecanggihan teknologi membawa beragam manfaat namun jika tidak cerdas menggunakannya bisa jadi pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan dan membawa manfaat namun kala lalai menghadang bisa jadi terperosok dan terkena sabetan mata pisau satunya. Selain manfaat, dari kecanggihan teknologi timbul banyak keburukan. Salah satunya yang sudah terbukti efek negatifnya adalah banyak kasus perceraian timbul karena teknologi terutama medsos. Maka waspadalah. Lindungilah diri dan keluarga anda. Dimanapun forumnya akan bisa menjadi baik dan membawa kebaikan untuk orang yang berada didalamnya dan bisa berpahala ketika didalamnya diawali dengan kalimat Allah, membahas segala macam bentuk kebaikan dan ini yang pent

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya. Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya. Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang. 1.       Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna. Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat w

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41. saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..! Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan