Skip to main content

Inilah cara mudah dalam SYUKUR sepanjang waktu.

Alhamdulillah wa syukurillah sebagai ucapan syukur kita semua atas segala nikmat yang masih menyelimuti kita sehingga sampai detik ini kita masih bisa beraktifitas dengan baik tanpa halangan yang berarti, sehingga apa yang kita rencanakan akan berjalan dengan baik.

Pertanyaannya, kenapa harus bersyukur?, apa benefit yang akan didapatkan?. Karena dengan bersyukur maka nikmat yang ada pada diri kita akan ditambah, begitu janji Allah. Bukan hanya nikmat itu menetap dan tidak dicabut, namun akan ditambah, luar biasa bukan?. Yuk... makin sering bersyukur.

 Siapa yang sering merimender kita untuk bersyukur?, yang sering mengingatkan kita akan kebaikan dan pesanNya untuk selalu bersyukur adalah alquran. Inilah pentingnya kita memahami bahasa alquran atau jika kita tidak mengerti arti bahasanya maka anda bisa membaca terjemah alquran, maka anda akan paham apa sebenarnya yang dibaca. Yuk sering baca quran agar semakin hati tentram dengan banyak bersyukur. Lalu siapa lagi yang sering mengingatkan kita untuk bersyukur?.


Jika anda sering ikut kajian keislaman, acara-acara formal dan non formal lainnya, dalam alinea pembukaan, para pemateri ataupun MC, hal utama yang selalu diucapkan adalah perihal syukur. Kurang afdhol rasanya jika tanpa ajakan untuk bersyukur apalagi kata-kata tersebut sekaligus sebagai do’a. Syukur terhadap apa?.

Terhadap apa saja nikmat yang menyelimuti kehidupan manusia, nimat hidup,  nikmat sehat, nikmat bisa makan dengan enak, nikmat kesempatan dan seterusnya. Apalagi terhadap anugrah yang terbesar yaitu nikmat iman dan islam. Sebagai pemeluk islam sejak lahir tentu sangat bersyukur dikarunia nikmat ini. Meski ada yang bilang nikmat keimanan yang terbaik adalah hasil pencarian.

Namun sejatinya islam keturunan adalah hadiah hidayah terbesar yang diberikan kepada siapapun manusia yang dikehendakiNya, karena tak jarang orang yang logika berfikirnya bagus belum tentu akan menerima kebenaran islam saat ia sedang melakukan proses pencariannya.

maka sangat rasional jika selalu bersyukur atass nikmat ini. Oleh karena itu, keimanan kita harus terus diupayakan agar semakin kokoh tak tertandingi. (kayak logo semen di kotaku) hehe. Bagaimana cara kita bersyukur?. 

1. Banyak cara untuk melakukan syukur, cara yang paling mudah adalah dengan mengucapkan kata alhamdulillah, sebagai bentuk zikir, Berapa kali?, semampu anda tak ada batasan. Apakah hanya dengan bacaan hamdalah?, tentu tidak ya, bacaan dzikir sangat banyak ragamnya, silahkan terus berdzikir 24 jam tersedia.

2. Terus melakukan kebaikan. Kebaikan akan berbuah untukmu kawan, begitupun sebaliknya. Yuuk terus berbuat baik dan jika bisa ajak orang lain juga untuk berbuat baik. Berbuat baik rombongan.

3. Mutabaah aktivitas harianmu. Buat target kebaikanmu secara berkala. Setelah itu kamu bisa melakukan rekap secara mandiri dalam sepekan atau setiap hari. Lihatlah banyak kebaikan yang dilakukan, banyak hal sia-sia yang dilakukan atau bahkan ada dosa yang tertunaikan?. Astagfirullah...!!. dari kegiatan ini sebagai langkah awal untuk terus berbenah.

4. Terus melakukan evaluasi diri dan berdoa. Evaluasi bukan untuk mengutuk diri atas kesalahan yang telah dilakukan, namun lebih kepada upaya prefentif agar tak mengulangi kesalahan dan agar terus menjadi lebih baik lagi dan lagi. Langkah setelahnya adalah doa kepada sang maha kuasa agar ditunjukan jalan yang terang menderang menuju jalan kebaikan. Karena doa adalah senjata orang beriman. Mari gunakan sebaik baiknya senjatamu kawan..!!

5. Banyak meminta ampun kepada sang kholik, dengan banyak beristighfar. Apa saja lafadz istighfar (saya sudah pernah membahas ya di artikel yang lalu). Dengan banyak istighfar artinya semakin banyak meminta ampun dan petunjuk agar diarahkan kepada jalan kebaikan.

Comments

Popular posts from this blog

APAPUN FORUM ANDA BISA MENJADI PENGHAPUS DOSA, MAU?

Ada banyak forum kebaikan yang bisa kita ikuti apalagi sekarang di zaman teknologi android maka semakin banyak forum yang bisa kita ikuti secara online. Tak perlu jauh-jauh bahkan ini yang seru, tanpa bayar. Hanya butuh koneksi internet cukup, cari saja wifi gratisan, hehe...   Kecanggihan teknologi membawa beragam manfaat namun jika tidak cerdas menggunakannya bisa jadi pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan dan membawa manfaat namun kala lalai menghadang bisa jadi terperosok dan terkena sabetan mata pisau satunya. Selain manfaat, dari kecanggihan teknologi timbul banyak keburukan. Salah satunya yang sudah terbukti efek negatifnya adalah banyak kasus perceraian timbul karena teknologi terutama medsos. Maka waspadalah. Lindungilah diri dan keluarga anda. Dimanapun forumnya akan bisa menjadi baik dan membawa kebaikan untuk orang yang berada didalamnya dan bisa berpahala ketika didalamnya diawali dengan kalimat Allah, membahas segala macam bentuk kebaikan dan ini yang pent

ISTIGHFAR PENDEK, SEDANG ATAU PANJANG, KAMU PILIH MANA?

Istighfar adalah kalimat yang biasa diucapkan nabi. Tahukah kamu berapa jumlah kalimat ini diucapkan orang yang dijamin syurga itu?. Yup, 100 kali dalam sehari, tak cukup disitu, namun beliau mengiringinya dengan kalimat thayibah yang lain, baik itu pasca sholat atau dalam aktivitas lainnya. Apa esensi kalimat istighfar?. Intinya adalah meminta ampun kepada sang pencipta, sebagai wujud pengakuan dosa kita sebagai manusia sebagai manusia yang tak luput dari lalai, dosa, serta tekad yang sungguh-sungguh untuk tidak mengulanginya. Ada banyak jenis lafadz istighfar. Paling tidak ada delapan jenis kalimat istighfar, namun dari panjang kalimat ada tiga jenis, yaitu pendek, sedang dan panjang. 1.       Kalimat istighfar pendek. Kalimat istighfar ini biasa kita ucapkan sehabis sholat fardhu maupun sunnah, sebagai wujud pengakuan kita bahwa kita tidak mampu melakukan sholat yang sempurna. Maka kita meminta ampun atas ketidakmampuan tersebut agar Allah menerima sholat-sholat w

Pakaian Khas Gresik

Pagi hari bersamaan berangkat kerja, saya melihat pemandangan yang tidak biasa. Hari ini banyak pekerja/ Pegawai Negeri sipil yang menggunakan jas putih atau pakaian taqwa putih/ koko untuk yang pria sedangkan Pakaian khas seperti kebaya untuk yang wanita. Kira-kira ada apa ya?...saya jadi ingat, sepertinya ini para pegawai senang dalam rangkaian ulang tahun kota gresik. Benar ternyata, setelah browsing, kota Gresik mau berulang tahun. Ulang tahun ke-528 untuk kota Gresik dan pemkab Gresik berulang tahun ke-41. saya jadi tertarik untuk membahas tentang sebenarnya pakaian khas gresik itu seperti apa ya?, karena sebagai orang asli Gresik ternyata pengetahuan tentang bagaimana pakaian khas Gresik, sangatlah terbatas. Berikut ulasannya, yuuk kita simak bersama..! Yang disebut Pakaian Khas Gresik  yaitu, Untuk pria mengenakan  pakaian Jas putih atau baju taqwa/ koko putih,  dilengkapi dengan peci hitam yang banyak diproduksi di daerah Gresik, juga padu padan dengan mengenakan